Soroti Perubahan Tren Wisata, Lestari Moerdijat: Harus Diantisipasi dengan Langkah Tepat

Soroti Perubahan Tren Wisata, Lestari Moerdijat: Harus Diantisipasi dengan Langkah Tepat
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta semua pihak yang berkepentingan mengantisipasi terjadinya perubahan tren wisata yang langkah yang tepat. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyoroti terjadinya perubahan perubahan perilaku berwisata masyarakat dunia.

Dia menyampaikan berdasarkan catatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkapkan terjadinya perubahan tersebut melahirkan tren wisata baru.

"Perubahan kebiasaan wisatawan global harus dicermati untuk kemudian dijawab dengan sejumlah upaya mendorong berbagai potensi wisata yang kita miliki untuk beradaptasi dengan tren tersebut," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/7).

Tren tersebut lahir karena perubahan paradigma bekerja masyarakat dunia yang mengedepankan fleksibilitas dan healing sehingga mereka membutuhkan refreshing yang mendorong wisata kebugaran.

Para wisatawan juga mencari pengalaman berlibur yang unik sehingga para wisatawan mencari daya tarik setiap daerah yang akan dikunjungi.

Dalam memilih destinasi wisata pun, para wisatawan sangat bergantung pada rating dan review jujur para pengunjung.

"Perubahan tren wisatawan dunia itu harus benar-benar diantisipasi melalui sejumlah langkah adaptasi agar peluang pariwisata nasional menggaet wisatawan mancanegara semakin besar," sarannya.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), secara kumulatif jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia sepanjang Januari-Maret 2023 mencapai 2,24 juta kunjungan atau naik 508,87 persen ika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta semua pihak yang berkepentingan mengantisipasi terjadinya perubahan tren wisata yang langkah yang tepat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News