Kemenkop UKM Fasilitasi Warteg Go Internasional

Kemenkop UKM Fasilitasi Warteg Go Internasional
Presiden Joko Widodo makan di warung tegal. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JPNN.com - Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM memfasilitasi pengusaha warung tegal alias warteg untuk merambah pasar Malaysia.

Rencananya, akan ada warteg yang dibuka di Negeri Jiran itu pada Januari 2017 ini.

Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, langkah ini diambil lantaran melihat usaha kuliner tersebut memiliki kekuatan merek yang besar.

Di tambah, banyak warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Malaysia.

Dia pun sudah melakukan pertemuan dengan pihak Koperasi Warteg DKI Jakarta untuk membahas rencana ini beberapa waktu lalu.

Hasilnya, para pengusaha warteg menyambut baik gagasan tersebut.

Mereka, lanjut Puspayoga, hanya meminta pemerintah membantu menjembatani komunikasi dengan otoritas di Malaysia. Terutama untuk masalah perizinan.

”Peran pemerintah untuk pembukaan warteg ini hanya sebagai mediator. Kami akan bantu mediasi. Ternyata, Koperasi Warteg tak perlu uang. Mereka luar biasa jiwa wirausahanya. Nantinya yang membuka warteg pelaku usaha dari Koperasi Warteg. Koperasi ini sudah melihat tempatnya di Malaysia dan kita memediasi itu,” ujar Puspayoga di kantor Kemenkop dan UKM, Jakarta, Kamis (29/12).

JPNN.com - Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM memfasilitasi pengusaha warung tegal alias warteg untuk merambah pasar Malaysia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News