'Kepulauan Seribu Juga Tak Diurus'

'Kepulauan Seribu Juga Tak Diurus'
'Kepulauan Seribu Juga Tak Diurus'
JAKARTA -- Mantan Sekretaris Negara (Setneg) Bondan Gunawan tampak tidak antusias membicarakan persoalan tiga pulau di Kepulauan Mentawai yang diberitakan akan dijual. Bukannya tidak peduli, tapi karena yang dekat dari Jakarta saja juga tidak terurus dengan baik. Pengelolaan pulau-pulau di kawasan Kepulauan Seribu, katanya, juga tidak baik.

"Jangankan di Mentawai. Yang jaraknya hanya 30 kilometer dari Jakarta saja tidak diperhatikan, tidak diurus dengan baik," ujar Bondan Gunawan dalam diskusi bertema 'Menjaga Bumi dan Budaya Indonesia' yang digelar di Waroeng Daun, Pakubowono, Jakarta, Sabtu (29/8).

Dia bercerita, suatu saat berkunjung ke Kepulauan Seribu. Penduduk yang berada di pulau itu bercerita, bahwa pulau tersebut milik Tommy Winata yang dijadikan tempat untuk pusat rehabilitasi pecandu narkoba. "Ada juga yang dimiliki Djody Setiawan," kata Bondan. Barangkali, yang dimaksud adalah Setiawan Djody.

Bondan mepertanyakan, kalau pulau-pulau itu menjadi milik pribadi seseorang, bagaimana dengan status penduduk yang berdomisili di pulau itu. "Penduduk di sana penduduk siapa? budak atau numpang saja," cetusnya. Sedang Sudjiwo Tedjo mengaku tidak mau ambil pusing dengan penjualan tiga pulau di Mentawai yang diiklankan di situs www.pribateislandsonline.com itu. "Mau dijual, mau tidak, saya nggak akan pathek'en (kudisan, red)," ujarnya enteng di diskusi itu.

JAKARTA -- Mantan Sekretaris Negara (Setneg) Bondan Gunawan tampak tidak antusias membicarakan persoalan tiga pulau di Kepulauan Mentawai yang diberitakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News