Kesempatan Nego Ulang Kontrak Freeport

Kesempatan Nego Ulang Kontrak Freeport
Kesempatan Nego Ulang Kontrak Freeport
JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Drs.H.Amidhan mengatakan, rencana kunjungan Presiden AS Barack Obama pada Juni mendatang, harus memberikan keuntungan bagi rakyat Indonesia. Kepada Obama, pemerintah RI harus berani menyampaikan tentang pentingnya renegosiasi kontrak pertambangan, sepreti PT Freeport Indonesia yang beroperasi di Papua.

Menurut Amidhan, kontrak Freeport yang baru akan berakhir 2041, sangatlah tidak adil dan menyakitkan hati rakyat Indonesia. "Jika baru selesai 2041, ya keburu habis. Masyarakat dapat apa? Hal seperti ini disampaikan ke Obama," ujar Amidhan saat diksusi bertema 'Batalnya Kunjungan Barack Obama ke Indonesia', di Warung Daun, Cikini, Sabtu(20/3).

Secara tegas Amidhan mengatakan, kontrak pertambangan PT Freeport harus segera direvisi. Sebagai mantan anggota Komnas HAM, Amidhan mengaku tahu persis betapa isi kontrak sangat merugikan bangsa ini. "Saya pernah memeriksa PT Freeport. Itu sangat tidak adil. harus direvisi," ujarnya.

Di tempat yang sama, pengamat ekonomi Purbaya Yudhi Sadewa mengaku pesimis bila masalah kontrak Freeport itu bisa direvisi. Dia menjelaskan, dulunya memang perusahaan-perusahaan tambang AS-lah yang punya keahlian tinggi di bidang pertambangan dan ekplorasi migas. Sehingga, katanya, perusahaan-perusahaan tambang AS mendominasi di banyak negara.

JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Drs.H.Amidhan mengatakan, rencana kunjungan Presiden AS Barack Obama pada Juni mendatang, harus memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News