Lebaran 2017, Motor Masih Mendominasi Arus Mudik

Lebaran 2017, Motor Masih Mendominasi Arus Mudik
Razia kendaraan bermotor. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Sepeda motor masih mendominasi alat transportasi yang digunakan angkutan mudik Lebaran.

Karena itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berinisiatif melakukan evaluasi melalui beberapa hal, di antaranya penataan motor melalui Undang-Undang.

"Motor ini fenomenal karena dimiliki banyak orang, relatif murah. Karenanya kami akan meneliti lebih jauh, pertama dari segi Undang-Undang seperti apa kita menata motor tersebut. Kedua, mudik ini akan dilihat secara detail fungsi apa yang bisa kami subsitusi," tutur dia.

Lebih lanjut Budi mengatakan pihaknya mempunyai rencana-rencana besar di antaranya membuat jalan kereta api semi cepat ke Surabaya.

"Dengan adanya jalan itu fasilitasnya naik sampai tiga kali lipat. Ketiga, fasilitas melalui laut itu masih terbuka dengan lebar," terang Budi.

Menurutnya, sosialisasi yang bagus bisa meningkatkan volume ataupun minat masyarakat untuk mengikuti program pemerintah yaitu mudik gratis.

"Pada saat ada peningkatan volume kita tingkatkan dan komunikasinya bagus, saya yakin ada suatu pengurangan dari minat mudik menggunakan motor dan pindah menggunakan mudik gratis yang dilakukan oleh kementerian," tutur dia.(chi/jpnn)


Sepeda motor masih mendominasi alat transportasi yang digunakan angkutan mudik Lebaran.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News