Manuver Fahri Hamzah Bikin Fraksi Gerindra Marah

Manuver Fahri Hamzah Bikin Fraksi Gerindra Marah
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Fraksi Partai Gerindra merasa kesal dengan sikap Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat memimpin rapat paripurna dengan agenda pengambilan keputusan atas usul penggunaan hak angket ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (28/4). Anggota Fraksi Gerindra pun melakukan aksi walk out dengan meninggalkan ruang paripurna.

Aksi walk out Gerindra disebabkan keputusan Fahri yang mengetuk palu sebagai bentuk persetujuan atas usul penggunaan angket ke KPK. Padahal, Gerindra masih perlu menginterupsi paripurna.

Ketua Fraksi Partai Gerindta DPR Ahmad Muzani mengatakan, Fahri ternyata mengetuk palu tanda persetujuan atas usul penggunaan hak angket meski belum seluruh fraksi menyampaikan pandangan mereka. Sebab, baru tiga fraksi yang menyampaikan pandangannya, yakni Gerindra, Demokrat dan PKB.

Menurut Muzani, mestinya setelah sesi pandangan fraksi ada skorsing paripurna untuk forum lobi. "Seperti tradisi yang sudah-sudah kan. Kami juga tidak mau ngotot, kalau mau diambil keputusan kan hasil lobi dulu," ujarnya.

Muzani menegaskan, Gerindra saat menyampaikan pandangan fraksi juga sudah meminta ke paripurna agar menunda pengambilan keputusan atas angket KPK. Pasalnya, hari ini semua fraksi baru mendengar penjelasan pengusul hak angket sehingga perlu pendalaman.

"Kalau ada pengambilan keputusan sekarang harus ada pembicaraan, lobi lah sebentar. Ini mah nggak," kesal Muzani.

Karena itu, Fraksi Partai Gerindra yang sejatinya menolak usulan hak angket memilih untuk meninggalkan ruang sidang. Gerindra pun tak mau bertanggung jawab atas keputusan DPR soal angket ke KPK

"Kalau cara-caranya begitu kita tidak bisa terima, ya sudah kita mendingan walk out. Apa yang diputuskan kita tidak tahu dan kita tidak bertanggung jawab dengan persoalan itu,” pungkas sekretaris jenderal Gerindra itu.(dna/JPG)


Fraksi Partai Gerindra merasa kesal dengan sikap Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat memimpin rapat paripurna dengan agenda pengambilan keputusan atas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News