Mengenal Minuman Khas Timur Tengah nan Segar dan Berkhasiat

Mengenal Minuman Khas Timur Tengah nan Segar dan Berkhasiat
Sahi Adeni alias bandrek Arab. Foto: Jawapos.com

jpnn.com - Masyarakat di tanah air sudah cukup familiar dengan makanan khas Timur Tengah seperti kebab dan nasi mandi. Bahkan masakan dari kawasan tersebut turut mempengaruhi kuliner Nusantara.

Sebaliknya, sejauh ini minuman khas Timur Tengah masih kurang populer. Padahal, kawasan penuh konflik itu memiliki minuman dengan rasa unik dan juga berkhasiat.

Minuman Timur Tengah biasanya terdiri dari campuran rempah seperti kapulaga dan jahe. Sekilas rasanya mirip dengan teh tarik hangat namun tentu dua hal yang berbeda. Salah satu minumannya bernama Sahi.

Sahi dalam bahasa Arab berarti teh. Kafe El Rouj Bakery & Coffee yang berlokasi di Ruko Kemang Pratama 1 BLok AL Nomor 9 Jalan Kemang Pratama Raya, Kota Bekasi menawarkan menu minuman ini. Ada tiga menu minuman khas Arab Saudi yaitu Sahi Na’na, Sahi Adeni, dan Syukulatah Adeni.

Sahi Na’na artinya teh yang dibuat dengan daun mint. Namun cara pembuatannya saja yang mirip dengan minuman khas Arab, bahan-bahannya berasal dari lokal.

Sahi Adeni disebut juga teh susu rempah atau sering disebut bandrek Arab. Resepnya menggunakan kapulaga, kayu manis, jahe, cengkeh, dan susu.

“Tentu kedua minuman ini menyehatkan. Hangat di perut. Disebut juga bandrek Arab. Cara meminumnya bisa diseruput lewat kayu manisnya,” ungkap Barista El Rouj, Ridwan Fauzi.

Sedangkan Syukulatah Adeni sama dengan bandrek Arab. Namun bahan dasarnya adalah cokelat bukan susu. “Tiga minuman ini aslinya di Arab diminum siapa saja dan minuman sehari-hari tidak harus ada acara khusus. Dan rasanya khas,” kata Ridwan. (cr1/JPG)


Masyarakat di tanah air sudah cukup familiar dengan makanan khas Timur Tengah seperti kebab dan nasi mandi. Bahkan masakan dari kawasan tersebut


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News