MenPAN-RB: Tinggalkan Studi Banding, Saatnya Studi Tiru

MenPAN-RB: Tinggalkan Studi Banding, Saatnya Studi Tiru
PNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berharap tahun ini, seluruh pemerintah daerah baik kota maupun provinsi sudah menerapkan sistem berbasis elektronik.

Hal tersebut merupakan langkah pemerintah dalam mempercepat implementasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

"Sudah ada beberapa daerah yang bisa dijadikan contoh dalam penerapan sistem berbasis IT bagi daerah lainnya, seperti Bojonegoro, Banyuwangi, Jogjakarta, serta Surabaya," kata Menteri Asman, Sabtu (7/1).

Dia menambahkan, sudah bukan lagi saatnya melakukan teori, perencanaan maupun studi banding.

Yang mendesak dilakukan seluruh instansi pemerintah baik pusat dan daerah adalah studi tir‎u

"Saat ini langkah konkrit kita adalah menularkan, targetnya 2017 semua kabupaten kota sudah mengacu kepada sistem yang berbasis elektronik ini. Mau mulai dari mana terserah yang penting sudah memulai," ucappnya.

Dia menilai saat ini di daerah sudah banyak inovasi dilakukan, tapi beberapa di antaranya terbentur dengan masalah aturan yang berlaku.

Kendati demikian dirinya tetap meminta jika daerah terbentur masalah aturan, maka kebijakan tersebut harus diperbaiki bukan justru rencananya yang diubah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berharap tahun ini, seluruh pemerintah daerah baik kota maupun provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News