MotoGP Italia: Alex Rins Pengin Ngebut Sejak Kualifikasi

MotoGP Italia: Alex Rins Pengin Ngebut Sejak Kualifikasi
Alex Rins. Foto: Crash

jpnn.com, TUSCANY - Suzuki pernah mendominasi ajang balap motor bergengsi dunia. Pada edisi 1993, Kevin Schwantz memberikan gelar juara dunia saat masih bersaing di kelas 500 cc. Kesempatan itu berpeluang tersaji kembali musim ini.

Satu kemenangan Alex Rins di MotoGP Amerika menjadi pemicu kemenangan berikutnya buat Suzuki. Rins menjadi potensi terbaik yang dimiliki tim pabrikan asal Jepang. Para rider bakal kembali mengaspal pada MotoGP Italia, Minggu (2/6).

Tiga musim menjejak kelas MotoGP, Rins belum pernah menembus podium di Sirkuit Mugello. Prestasi terbaiknya yakni saat finis kedua ketika membalap di kelas Moto3, 2013 silam.

Setelah lima balapan berlalu, Rins kini bertengger di posisi ketiga klasemen pembalap. Dia terpaut 20 poin dari pemuncak klasemen, Marc Marquez (Honda).

Rins juga mendapatkan input penting ketika balapan di Le Mans dua pekan lalu. Saat itu, dia menjalani sesi kualifikasi yang buruk. Imbasnya, pembalap Spanyol itu harus memulai balapan dari posisi 19 dan akhirnya finis ke-10.

(Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGP Italia dan Klasemen Sementara)

"Di Le Mans, kami melewati balapan dengan bertahan, kami berhasil mendapatkan sejumlah poin penting," ujarnya dikutip Crash. Rins menyatakan race berikutnya dia butuh meminimalisir kesalahan sekecil mungkin di Mugello.

Modal penting yang dimiliki Suzuki yakni, GSX-RR memperlihatkan perkembangan siginifikan ketimbang tahun lalu. Technical Manager Suzuki, Ken Kawauchi menyatakan perkembangan terlihat hampir di semua area. "Kami sangat senang dengan level motor saat ini," ujar Kawauchi dikutip Motorsport Week.

Tipikal Sirkuit Mugello yang menawarkan kemampuan akselerasi di tikungan jelas menguntungkan Alex Rins dan Suzuki di MotoGP Italia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News