Natal Terakhir Barack Obama di Gedung Putih

Natal Terakhir Barack Obama di Gedung Putih
Kartu Natal keluarga Barack Obama. Foto: via people

jpnn.com - JPNN.com - Keluarga Barack Obama tidak ingin membuat Natal terakhir mereka di Gedung Putih berlalu begitu saja tanpa kesan.

Ya, tahun ini menjadi Natal terakhir Obama sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Pada 20 Januari nanti, jabatannya sebagai orang nomor satu di AS harus diserahkan kepada Donald Trump.

Natal kali ini harus terasa istimewa buat keluarga Obama. Salah satunya mereka ekspresikan lewat kartu ucapan selamat Natal dan Tahun Baru.

Sejak Obama menjabat pada 2008, ucapan selamat Natal dari Gedung Putih biasanya berhias gambar salju atau foto Bo, anjing peliharaan keluarga. Pada 2013, anjing peliharaan lainnya, yaitu Sunny, ikut eksis dalam kartu ucapan yang dikirimkan ke orang-orang dekat Obama.


Tapi sekarang, Obama memilih foto keluarganya sebagai pemanis kartu ucapan tersebut. Tampak dalam foto itu Obama mengenakan tuksedo, sedangkan sang istri mengenakan gaun warna navy rancangan Jason Wu. Kedua putrinya, Sasha dan Malia, memilih gaun rancangan Naeem Khan. Mereka berempat tampak tersenyum lebar dengan latar gemerlap lampu-lampu kota.


Foto tersebut diambil saat makan malam kenegaraan bersama Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau Maret lalu. Sejak Obama menjabat presiden, itu adalah kali pertama Sasha dan Malia ikut dalam acara makan malam kenegaraan. Kartu ucapan tersebut dikirimkan kepada staf kepresidenan, kolega, serta pendukung keluarga Obama.


Kartu ucapan Natal Gedung Putih dikirimkan sejak 1927. Namun, biasanya kartu ucapan tersebut tidak menampilkan foto presiden yang menjabat saat itu. Sebelum Obama, hanya keluarga mantan Presiden Bill Clinton yang melakukannya. Dia selalu mengirimkan kartu Natal lengkap dengan fotonya serta istrinya, Hillary Clinton. Tapi, putri mereka satu-satunya, Chelsea, tak ikut serta.


Tahun ini, keluarga Obama memilih tema The Gift of the Holidays (Karunia Liburan). Tema tersebut dipilih untuk merefleksikan kebahagiaan saat memberi dan menerima. Tema tersebut juga merefleksikan berkah yang diterima keluarga Obama selama delapan tahun di Gedung Putih.

JPNN.com - Keluarga Barack Obama tidak ingin membuat Natal terakhir mereka di Gedung Putih berlalu begitu saja tanpa kesan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News