Peserta Ujian Proposal Tesis di Seskoal: 138 Perwira Mahasiswa TNI AL, 8 dari Mancanegara

Peserta Ujian Proposal Tesis di Seskoal: 138 Perwira Mahasiswa TNI AL, 8 dari Mancanegara
Suasana saat pelaksanaan Ujian Proposal Tesis Perwira Mahasiswa Seskoal selama dua hari dari tanggal 15-16 April 2019 di Markas Seskoal, Cipulir Jakarta Selatan. Foto: Penerangan Seskoal

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 150 Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 tahun 2019 melaksanakan Ujian Proposal Tesis selama dua hari dari tanggal 15-16 April 2019 di Ruang Diskusi Gedung R.E. Martadinata, Seskoal, Cipulir Jakarta Selatan. Pelaksanaan ujian dipimpin oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian.

Penerangan Seskoal, Rabu (17/4) melaporkan, sebanyak 150 perwira mahasiswa terdiri dari 138 Perwira Mahasiswa TNI AL, 2 Perwira Mahasiswa TNI AD, 2 Perwira Mahasiswa TNI AU, 8 Perwira Mahasiswa Negara Sahabat (Nesa) yaitu Australia, India, Malaysia, Singapura, Pakistan, Korea Selatan, Jepang dan Thailand.

BACA JUGA: Atase Laut Australia Bawa Kabar Baik ke Markas Seskoal

Dalam kegiatan tersebut, proposal tesis para Perwira Mahasiswa ini dibagi dalam 5 bidang meliputi bidang operasi, strategi, manajemen, kejuangan dan Iptek.

Selanjutnya Perwira Mahasiswa tersebut terbagi menjadi 13 kelompok pengujian yang diuji oleh Dosen penguji dan pembimbing yang merupakan Dosen Tetap, Dosen/Patun Seskoal maupun Dosen Luar Seskoal seperti dari Kemhan, Unhan, Mabesal, Kolinlamil, Kormar, Pushidrosal, STTAL, Pasmar I, Babinkum, BPIP, KKP, BSSN, UI, IPB, ITS, Bina Nusantara (Binus) dan lain-lain termasuk para Pejabat Seskoal. Masing-masing pasis diuji oleh 3 orang dosen, di dampingi dosen Pembimbing 1 dan 2.

Ujian proposal tesis ini merupakan salah satu tugas yang diberikan kepada Perwira Mahasiswa sebagai bagian dari proses belajar mengajar selama menempuh pendidikan di Seskoal, dengan harapan para Perwira Mahasiswa mampu menghasilkan suatu konsep/gagasan baru. Selanjutnya dengan waktu kurang lebih 20 menit Perwira Mahasiswa harus dapat menjelaskan mengenai tujuan latar belakang masalah, perumusan masalah dan metodologi penelitian yang akan dilaksanakan dalam penulisan tesis.

Setelah pemaparan selesai, dilanjutkan dengan pendalaman materi dan tanya jawab kurang lebih 30 menit. Pada akhir Ujian Seminar Proposal Tesis, penguji memberikan arahan dan petunjuk.(fri/jpnn)


Sebanyak 150 Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 tahun 2019 melaksanakan Ujian Proposal Tesis selama dua hari dari tanggal 15-16 April 2019.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News