Publik Mulai Tak Percaya Pemerintah dan DPR

Publik Mulai Tak Percaya Pemerintah dan DPR
Wakil Ketua DPR Fadli Zon sebagai pembicara dalam Global Legislative Openness Conference 2017 di Kiev, Ukraina. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon diundang sebagai pembicara dalam Global Legislative Openness Conference 2017 di Kiev, Ukraina.

Fadli adalah pembicara pertama pada sesi pertama dalam konferensi pada 19 Mei 2017.

Dalam pertemuan itu dia menyampaikan pentingnya implementasi prinsip keterbukaan, atau Open Government dan Open Parliament, dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik terhadap lembaga negara.

Dalam paparannya, dia menyampaikan bahwa saat ini, rendahnya kepercayaan publik terhadap institusi negara termasuk kepada parlemen, sudah menjadi permasalahan di seluruh negara demokrasi.

Ini problem global. Semua negara demokrasi baik yang sudah mapan maupun demokrasi baru mengalami rendahnya kepercayaan publik terutama pada parlemen.

Di Indonesia, kepercayaan publik terhadap DPR berada pada level 48.5% pada 2016 menurun dari 2015 yang mencapai 59.2%.

Ini termasuk sangat tinggi dibanding negara-negara lain. Kepercayaan publik terhadap parlemen umumnya di bawah 50 persen, bahkan di Amerika Serikat hanya 19 persen.

Untuk itu, sebenarnya telah banyak upaya yang ditempuh oleh setiap negara.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon diundang sebagai pembicara dalam Global Legislative Openness Conference 2017 di Kiev, Ukraina.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News