Rupiah Jeblok, Presiden Gelar Rapat Terbatas di Cipanas

Rupiah Jeblok, Presiden Gelar Rapat Terbatas di Cipanas
Rupiah Jeblok, Presiden Gelar Rapat Terbatas di Cipanas

jpnn.com - CIPANAS--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengelar rapat kabinet terbatas di Istana Cipanas, Senin (2/12). Rapat ini membahas kondisi ekonomi terkini. Terutama mengenai pelemahan rupiah terhadap dolar AS yang terus terjadi.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, dalam rapat ini Presiden meminta jajaran menteri terkait melaporkan  langkah yang akan dilakukan pemerintah menanggapi gejolak rupiah tersebut.

"Beliau ikuti perkembangan fluktuasi  nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dan kondisi perekonimian.  Beliau minta di update, masing-masing dari menteri teknis memberikan pandangan dan saran yang bisa kita lakukan atau diformulasikan untuk antisipasi hal yang berkaitan dengan tertekannya mata uang kita," ujar Julian di Istana Cipanas, Senin.

Menurut Julian, dalam rapat terbatas itu Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyampaikan pada Presiden bahwa ada dua kondisi yang menjadi faktor penyebab tertekannya nilai tukar rupiah.  Yaitu faktor internal atau domestik, dengan adanya defisit transaksi berjalan.

Berikutnya faktor eksternal, di mana saat ini memang ada spekulasi  kemungkinan Bank Central Amerika Serikat mengeluarkan kebijakan tapering off.

"Tadi telah dilaporkan kepada bapak Presiden mengenai langkah-langkah antisipasi bila tapering off benar-benar dikeluarkan di AS. Sementara ini masih berlangsung rapatnya," ujarnya.

Selain persoalan rupiah, rapat tersebut juga membahas mengenai pertemuan World Trade Organization (WTO) yang mulai digelar hari ini di Bali. (flo/jpnn)

 


CIPANAS--Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengelar rapat kabinet terbatas di Istana Cipanas, Senin (2/12). Rapat ini membahas kondisi ekonomi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News