Sebelum ke Harvard, Digembleng Profesor

Hari Ini 19 Bupati/Wako Berangkat ke Harvard University

Sebelum ke Harvard, Digembleng Profesor
Sebelum ke Harvard, Digembleng Profesor
JAKARTA -- Hari ini, Jumat (16/9), 19 bupati/walikota akan berangkat ke AS. Di Negeri Paman Sam, para kepala daerah itu akan kuliah singkat di Harvard University. Jika selama ini ada pejabat ke luar negeri dicap semata plesiran, program yang juga diikuti 19 kepala Bappeda ini tidak bisa dianggap main-main. Untuk persiapannya saja, lima hari para peserta sudah diigembleng para profesor di Badan Diklat Kemendagri, Jakarta.

Di masa persiapan ini, para peserta sudah 'melahap' materi perkuliahan singkat dari para pakar pemerintahan daerah. Antara lain pakar public policy dari Universitas Indonesia (UI) Prof Eko Prasojo, DR Wahyudi Kumorotomo dari Universitas Gadjah Mada (UGM), bahkan ada guru besar yang didatangkan dari Harvard University.

Eko Prasojo yakin, program Kemendagri dengan menggandeng lembaga nirlaba Rajawali Foundation ini sangat bermanfaat bagi para kepala daerah. "Ini akan menambah kapasitas mereka dan memberikan filosofi baru pemerintahan," ujar Eko di sela-sela menyampaikan materi pembekalan, kemarin.

Bukan pembekalan biasa, para peserta harus membedah kasus di pemerintahan lokal. Kasusnya pun tak boleh sembarangan. "Harus yang berat, yang tinggi tantangannya, dan dicari solusinya," ujar Bupati Samosir, Mangindar Simboloan, yang mengikuti  pembekalan.

JAKARTA -- Hari ini, Jumat (16/9), 19 bupati/walikota akan berangkat ke AS. Di Negeri Paman Sam, para kepala daerah itu akan kuliah singkat di Harvard

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News