Semoga Sultan HB IX Jadi Nama Bandara Baru Yogyakarta

Semoga Sultan HB IX Jadi Nama Bandara Baru Yogyakarta
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan pada groundbreaking Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo, Yogyakarta, Jumat (27/1). Foto: Radar Jogja

jpnn.com, JOGJA - Pembangunan bandara baru Yogyakarta di Kulonprogo mendapat perhatian luas dari berbagai kalangan. Salah satunya dari tokoh Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Doddy Yudhista Adam. 

Mantan Ketua Gerakan Wakaf Buku dan Pengembangan Masyarakat ICMI itu mengusulkan pengunaan nama Hamengku Buwono IX untuk bandara baru Yogyakarta. Usulnya adalah Yogyakarta International Airport Hamengku Buwono IX.

Doddy bahkan sudah mengirim surat ke Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan masukan tentang nama bagi bandara baru Yogyakarta. Surat untuk Presiden Jokowi dilayangkan pada Jumat lalu (5/5).

"Bersama surat ini, saya pribadi dan atas nama warga Yogyakarta mengusulkan nama bandara baru di Wates, Kulon Progo, Yogyakarta nanti bernama "Yogyakarta International Airport Hamengku Buwono IX,” tulis Doddy melalui suratnya.

Doddy dalam suratnya memang tak menyampaikan alasannya mengusulkan nama Hamengku Buwono IX untuk bandara baru DIY. Namun dalam wawancara Doddy menyampaikan sejumlah alasan.

"Secara historis, Sri Sultan Hamengku Buwono IX sangat layak mendapat penghormatan ini," tegas Doddy yang kini tinggal di Yogyakarta.

Dari sisi background historis, lanjut Doddy, mendiang HB IX merupakan pendukung kemerdekaan RI. Bahkan Jogja pernah menjadi ibu kota RI. "Perjuangannya membela RI sangat jelas," tandas pria yang akrab dengan inisial DY ini.

Salah satu sumbangan yang bermakna dari HB IX adalah pembelian Gedung Kedutaan Republik Indonesia di Amerika Serikat. Doddy menyampaikan, dia baru mendapat informasi soal itu dari cucu HB IX.

Pembangunan bandara baru Yogyakarta di Kulonprogo mendapat perhatian luas dari berbagai kalangan. Salah satunya dari tokoh Ikatan Cendekiawan Muslim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News