Solusi Gubernur Ganjar Atas Gesekan Wacana Pembubaran HTI

Solusi Gubernur Ganjar Atas Gesekan Wacana Pembubaran HTI
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menggendong balita pada Festival Ruwatan Rambut Gimbal di Dieng. Foto: JPG

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo punya solusi atas munculnya gesekan terhadap rencana pemerintah yang membubarkan organisasi massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, perlu ada dialog yang diperankan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk dalam meredam polemik di tengah masyarakat.

Ganjar menjelaskan, dialog itu tidak melulu membahas keberadaan HTI, namun mengulas mengenai semua organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang keagamaan.
Harapannya, ormas yang ada memiliki kesamaan cara pikir bernegara yaitu menyadari prinsip Bineka Tunggal Ika dan turut serta menjaga keutuhan NKRI.

”Dari ngobrol, akan ditemukan solusi. Dialog dan buat kesepakatan. Saya juga berharap peran MUI,” katanya Ganjar seperti yang dilansir Radar Semarang (Jawa Pos Group).

Meski ada perbedaan ideologi, dialog itu tetap memungkinkan dilakukan. Menurutnya, HTI, MUI maupun ormas lain serta pemerintah merupakan bagian dari NKRI. Sama-sama memiliki kesamaan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Salah satunya melaksanakan konstitusi menjaga keutuhan NKRI.

"Kita melihatnya itu sebagai pembentukan opini, bukan sebuah proses pembubaran ormas," kata Ketua DPD HTI Jateng, Abdullah.

Mengenai pembubaran ormas HTI, pihaknya belum bisa mengambil langkah karena harus menunggu putusan pemerintah pusat dan pengadilan. Jika putusan tersebut harus membubarkan HTI, maka pemprov sebagai kepanjangan tangan pemerintah pusat, akan menindaklanjutinya. ”Tapi kalau tidak ada perintah pembubaran, mau bagaimana lagi,” terangnya.

Sementara Wakil Gubernur, Heru Sudjatmoko mengibaratkan, semua masyarakat Indonesia dan ormas yang ada di dalamnya seperti satu keluarga. Keluarga itu diatur oleh pemerintah. Maka jika ada salah satu anggota keluarga yang berbuat semaunya sendiri dan bahkan membahayakan keutuhan keluarga maka sudah semestinya pemerintah melakukan antisipasi.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo punya solusi atas munculnya gesekan terhadap rencana pemerintah yang membubarkan organisasi massa Hizbut Tahrir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News