Terapi Anjing Bisa Membantu Anak-anak Penderita Kanker

Terapi Anjing Bisa Membantu Anak-anak Penderita Kanker
Anjing peliharaan. Foto: Pixabay

jpnn.com - Ketika pasien anak-anak menghadapi kanker, banyak rumah sakit kini memanfaatkan anjing terlatih khusus untuk membantu anak-anak dengan cara yang sama seperti obat konvensional.

Tapi seberapa efektif terapi hewan dalam kasus seperti itu? Penelitian baru oleh American Humane dan beberapa rumah sakit anak-anak memiliki beberapa hasil yang tidak diduga

Anak-anak yang mendapat kunjungan rutin dari anjing terapi saat menjalani perawatan kanker, tidak terlalu khawatir tentang kesehatan mereka dan merasa lebih nyaman dengan kinerja sekolah mereka.

Namun, memiliki tingkat stres dan kecemasan yang sama dengan pasien kanker anak-anak yang tidak menghabiskan waktu dengan terapi anjing.

Orang tua anak-anak yang mengunjungi terapis berbulu ini menunjukkan tingkat stres yang "menurun secara signifikan". 

"Efeknya mungkin menyebar ke seluruh keluarga," kata peneliti dan seorang direktur nasional di American Humane, Amy McCullough, seperti dilansir laman Today, Kamis (18/1).

"Melihat anak mereka terhibur oleh anjing terapi membantu mengurangi tekanan emosional bagi orang tua," jelas McCullough.

Penelitian ini melibatkan 106 pasien kanker berusia 3-17 tahun dan meneliti lima rumah sakit anak di AS.

Ketika pasien anak-anak menghadapi kanker, banyak rumah sakit memanfaatkan anjing terlatih khusus untuk membantu anak-anak untuk tidak stres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News