Tingkatkan Frekuensi Kapal di 3 Pelabuhan Malut, Menhub Lakukan Diskusi

Tingkatkan Frekuensi Kapal di 3 Pelabuhan Malut, Menhub Lakukan Diskusi
Presiden Jokowi (tengah kemeja putih) saat meresmokan tiga pelabuhan di Maluku Utara. Foto dok Humas Kementerian Perhubungan

jpnn.com, MALUKU - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan di Maluku Utara.

Tiga pelabuhan itu yakni Pelabuhan Tapaleo, Bicoli, dan Wayabula.

Dalam laporannya, Budi mengatakan, saat ini Pelabuhan Tapaleo baru disinggahi kapal perintis dan kapal fery dengan frekuensi masing-masing dua kali sebulan.

Budi mengatakan telah berdiskusi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan frekuensi kapal.

"Ini menjadi PR (Pekerjaan Rumah) kami untuk meningkatkan frekuensi kapal di Pelabuhan Tapaleo dan dua pelabuhan lainnya. Kami sudah diskusi dengan Pemda dan Bupati," ujar Budi dalam siaran persnya, Senin (8/5).

Budi menjelaskan, Pelabuhan Tapaleo dibangun selama tiga tahun, mulai dari 2014-2017. Dengan kedalam kolam pelabuhan hingga 15 Lws, yang mampu disinggahi kapal berkapasitas 1000 DWT.

Demikian pula dengan dua pelabuhan lainnya, yaitu Pelabuhan Bicoli di Kabupaten Halmahera Timur, dan Pelabuhan Wayabula di Kabupaten Morotai yang memiliki kapasitas yang sama.

"Pelabuhan ini sangat penting yang merupakan bagian dari program tol laut yang dicanangkan pemerintah," tandas Budi.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan di Maluku Utara.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News