Torang Samua Basudara, Konflik Ambon Jangan Terulang di Sulut!

Torang Samua Basudara, Konflik Ambon Jangan Terulang di Sulut!
Ratusan personel kepolisian disiagakan untuk mengantisipasi penolakan kedatangan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah di Manado oleh ormas adat Minahasa, di depan pintu masuk VVIP Bandara Internasional Sam Ratulangi, Sabtu (13/5). Foto:Paul Bawole /Manado Post/dok.JPNN.com

jpnn.com, MANADO - Semua pihak diminta mewaspadai ulah oknum yang ingin memanfaatkan situasi di Sulawesi Utara yang memanas pascakedatangan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito meminta semua elemen masyarakat jangan terprovokasi.

“Persatuan dan kedamaian di Sulut sudah sangat bagus. Harus dijaga. Jangan terporvokasi!” kata mantan Kapolda Jawa Barat itu, seperti diberitakan Manado Post online (Jawa Pos Group).

Ia sangat terpesona dengan kondisi daerah Nyiur Melambai yang damai dan toleransinya sangat tinggi. Umat beragam hidup berdampingan.

“Kita akan pelihara terus ini. Jangan ada pihak-pihak memanfaatkan situasi. Saya percaya itu bisa terus terjalin dengan baik. Ini adalah kekuatan Sulut,” tutur jenderal bintang dua tersebut.

Senada dikatakan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito. Menurutnya, sejak menginjakkan kaki di Sulut, dia sudah mengetahui masyarakat Nyiur Melambai hidup berdampingan tanpa ada gesekan.

“Ini harus dipertahankan. Karena saya tahu Sulut sejak dulu kerukunan antar umat beragamanya sangat baik,” kata Warsito.

Bahkan menurutnya, tingginya sikap toleransi di Sulut patut menjadi contoh bagi daerah lain. “Iya, sangat layak jadi contoh untuk daerah lain. Saya harap ini tetap dipertahankan sampai kapanpun. Kita tidak boleh terpancing dengan provokasi dari pihak-pihak tak bertanggungjawab,” tutup jenderal bintang dua itu.

Semua pihak diminta mewaspadai ulah oknum yang ingin memanfaatkan situasi di Sulawesi Utara yang memanas pascakedatangan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News