Usut Hacker Surabaya Black Hat, Polri Gandeng FBI

Usut Hacker Surabaya Black Hat, Polri Gandeng FBI
Irjen Setyo Wasisto. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peretasan yang dilakukan kelompok Surabaya Black Hat (SBH) mendapat sorotan. Apalagi pelaku yang merupakan mahasiswa itu meretas situs di luar negeri.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, dalam penanganan kasus itu mereka menggandeng pihak Federal Bureau Investigation (FBI) Amerika Serikat dan Interpol.

"Kami kerja sama dengan FBI, Interpol untuk mengembangkan kasus yang sudah ada lebih jauh lagi. Semoga ada hasil nanti kami sampaikan," ujar dia di Mabes Polri, Senin (19/3).

Setyo menuturkan, ada sekitar 44 negara yang menjadi korban peretasan SBH, salah satunya Amerika Serikat. Kelompok ini terbilang canggih lantaran bisa melakukan peretasan ke situs milik FBI.

Dia menambahkan, Polri membentuk satuan kerja yang terdiri dari Direktorat Tindak Pidana Siber, Direktorat Multimedia dan Direktorat Keamanan Khusus untuk mengawasi perkembangan teknologi yang dipakai para hakcer.

Sebelumnya kelompok SBH telah meretas 600 situs yang tersebar di berbagai negara. Bahkan, dalam aksinya, mereka juga meretas situs milik FBI.

Dalam kasus ini, polisi telah menangkap tiga tersangka, KSP (21), NA (21), dan ATP (21). Ketika beraksi, pelaku menggunakan SQL injection untuk merusak data base. (mg1/jpnn)


Sekitar 44 negara menjadi korban peretasan Surabaya Black Hat, salah satunya Amerika Serikat.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News