PLN Butuh USD 240 Juta

Bangun Kabel Atas Laut Jawa-Bali

PLN Butuh USD 240 Juta
PLN Butuh USD 240 Juta
JAKARTA – PT PLN  (Persero) membutuhkan dana sekitar USD 240 juta untuk membangun kabel listrik atas laut (Overhead Crossing) yang menghubungkan pulau Jawa dan Bali. Direktur Perencanaan dan Teknologi PLN, Nasri Sebayang mengatakan, Jawa-Bali Overhead Crossing 500 kV HVAC yang menghubungkan Paiton–Banyuwangi–Gilimanu k–New Kapal tersebut akan selesai pada 2015. 

“Kabel ini akan bisa membawa listrik sampai 1.800 MW ke Bali,” jelas Nasri di Jakarta, Selasa (7/9).

Ia menyatakan, pembangunan kabel tersebut akan dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama, perseroan akan membangun dua tower setinggi 376 meter yang masing-masing berada di Jawa dan Bali. Kemudian, mengoperasikan transmisi 150 KV yang sudah ada dan bisa masuk ke gardu induk Gilimanuk, Bali. "Supaya pasokan listrik dari Jawa ke Bali sebesar 300 MW bisa segera masuk," jelasnya.

Untuk tahap pertama, Nasri menargetkan akan bisa selesai pada tahun 2012 sehingga jika ditambah pasokan listrik dari kabel bawah laut yang sudah ada sebesar 160-200 MW, maka pasokan dari Jawa ke Bali bisa mencapai 460-500 MW pada tahun tersebut.

JAKARTA – PT PLN  (Persero) membutuhkan dana sekitar USD 240 juta untuk membangun kabel listrik atas laut (Overhead Crossing) yang menghubungkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News