IHSG Tembus Level Psikologis Baru

IHSG Tembus Level Psikologis Baru
IHSG Tembus Level Psikologis Baru
JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali membukukan rekor anyar dan menembus level psikologis baru di level 3.200. Sentimen positif bursa regional sangat memengaruhi pergerakan IHSG kemarin (6/9). Pada penutupan perdagangan, IHSG melompat 52,871 poin (1,67 persen) ke 3217,148.

           

Rekor tertinggi sebelumnya terjadi pada perdagangan 3 September 2010 di posisi 3.164,277. "Bayak investor asing yang menaruh ekspektasi tinggi pada dunia investasi di Indonesia setelah data fundamental ekonomi tergolong bagus, terutama saat kodisi investasi global belum menentu," kata Ikhsan Binarto. Hal itu membuat investor asing merasa lebih aman dan menguntungkan berintestasi di Indonesia meski menjelang libur panjang Lebaran. Terbukti investor asing mencatat pembelian bersih (foreign net buy) Rp 1,052 triliun.

Perdagangan berjalan sangat ramai dengan frekuensi transaksi di seluruh pasar 97.521 kali pada volume 3,759 miliar lembar senilai Rp 4,579 triliun. Sebanyak 149 saham naik, 65 turun, dan 78 stagnan. "Secara umum, kondisi bursa-bursa regional Asia memang naik dan hampir seluruhnya menguat tajam dengan rata-rata di atas 1 persen," jelasnya.

Kenaikan indeks bursa Wall Street pada perdagangan akhir pekan sebelumnya juga memberi sentimen positif pada lantai bursa. Sektor aneka industri membukukan kenaikan tertinggi lebih dari 4 persen karena peguatan saham Astra International (ASII) yang naik melejit 4 persen. Untuk merayakan Lebaran, Bursa Efek Indonesia (BEI) akan menghentikan kegiatan transaksi mulai 8-14 September. Masih ada peluang lagi IHSG terus mendaki saat perdagangan kembali dibuka pekan depan.

JAKARTA - Indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali membukukan rekor anyar dan menembus level psikologis baru di level 3.200. Sentimen positif bursa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News