Pinjaman Luar Negeri Swasta Meningkat

Pinjaman Luar Negeri Swasta Meningkat
Pinjaman Luar Negeri Swasta Meningkat
JAKARTA - Di tengah ketidakseimbangan ekonomi global pasca krisis, pinjaman luar negeri (PLN) swasta dari kredit induk dan afiliasi di Indonesia, dilaporkan justru menunjukkan tren meningkat. Peningkatan ini khususnya terlihat sejak periode 2007 hingga akhir 2010.

Kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/12), Kepala Biro Humas Bank Indonesia (BI), Difi Johansyah mengatakan, pada 2007, posisi PLN dari perusahaan induk dan afiliasi hanya sebesar 27,2 persen. "Namun per Oktober 2010, telah menjadi 36,5 persen dari total posisi pinjaman luar negeri swasta," kata Difi.

Peningkatan tersebut, ungkap Difi, mengindikasikan bahwa di tengah ketidakseimbangan pemulihan ekonomi global, perusahaan induk masih menaruh kepercayaan kepada anak perusahaan di Indonesia, untuk memanfaatkan tingginya permintaan domestik. Peningkatan pangsa PLN yang berasal dari perusahaan induk dan afiliasi ini, dapat memperkecil magnitude tekanan pembayaran.

"PLN dari perusahaan induk dan afiliasi relatif lebih fleksibel, dan dapat di-roll over apabila dana masih diperlukan untuk pengembangan usaha. Selain itu, tidak tertutup kemungkinan pembayaran pinjaman tersebut akan dijadwal ulang (rescheduling), apabila pihak debitor mengalami kesulitan likuiditas," jelasnya.

JAKARTA - Di tengah ketidakseimbangan ekonomi global pasca krisis, pinjaman luar negeri (PLN) swasta dari kredit induk dan afiliasi di Indonesia,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News