Dokter Ogah ke Pelosok, Indonesia Sehat Hanya Mimpi

Dokter Ogah ke Pelosok, Indonesia Sehat Hanya Mimpi
Dokter Ogah ke Pelosok, Indonesia Sehat Hanya Mimpi
JAKARTA - Pemerintah dipastikan akan kesulitan menjadikan seluruh rakyatnya sehat. Pasalnya, banyak tenaga dokter yang masih ogah mengabdi di daerah pelosok maupun perbatasan, kendati diiming-imingi gaji yang tinggi.

"Saya pesimis program Indonesia Sehat bisa tercapai. Bagaimana bisa sehat, kalau dokternya tidak merata penyebarannya?" kata Anshori Siregar, anggota Komisi IX DPR RI, di Gedung Senayan, Kamis (10/2).

Banyaknya dokter yang menolak mengabdi di daerah pelosok dan perbatasan, menurut Anshori, sebenarnya ada hubungannya dengan keberadaan Dikti. Di mana menurutnya, sebagai lembaga yang menaungi perguruan tinggi, harusnya Dikti mengeluarkan aturan bagi seluruh Fakultas Kedokteran, agar menerima mahasiswa yang siap mengabdi di pelosok-pelosok.

"Profesi dokter itu sangat mulia. Karena itu, yang jadi dokter harus mencintai profesinya. Bukan lantaran mengharapkan gaji (pendapatan) besar," tandasnya.

JAKARTA - Pemerintah dipastikan akan kesulitan menjadikan seluruh rakyatnya sehat. Pasalnya, banyak tenaga dokter yang masih ogah mengabdi di daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News