Sepertiga Lulusan PT Sumbang Pengangguran

Sepertiga Lulusan PT Sumbang Pengangguran
Sepertiga Lulusan PT Sumbang Pengangguran
JAKARTA - Persoalan pengangguran terus melekat di negeri ini. Penyumbang paling dominan pengangguran tersebut adalah para angkatan kerja lulusan perguruan tinggi (PT). Kemendiknas mencatat, dalam setiap tahun sekitar 30 persen lulusan PT tidak terserap di dunia kerja. Penyebabnya, muncul ketidakcocokan antara kulifikasi lulusan dengan lowongan perkerjaan yang tersedia.

Pada periode 2009-2010 lalu, jumlah lulusan PT, baik swasta maupun negeri yang masih menganggur diperkirakan mencapai 600 ribu. Jumlah tersebut berpotensi naik setiap tahun. Sebab, rata-rata setiap tahun 30 persen dari 200 ribu mahasiswa yang diwisuda tidak terserap di dunia kerja.

Wakil Mendiknas Fasli Jalal menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan lulusan perguruan tinggi tidak terserap dunia kerja. Faktor tersebut tidak sebatas pada kualitas lulusan. Munculnya pengangguran terdidik tersebut juga tidak melulu disebabkan karena mereka tidak mampu secara keilmuan. "Faktor lainnya adalah kualifikasi lulusan," jelas Fasli. Maskdunya, kualifikasi lulusan PT kesulitan mencari lowongan kerja yang sesuai.

Fasli menerangkan, hasil pemetaan dari Kemendiknas menyebutkan, memang terdapat beberapa jurusan yang sudah bisa dikatakan jenuh. Seperti jurusan manajemen dan hukum. Tingginya angkatan lulusan di dua jurusan tersebut, tidak sebanding dengan peluang kerja yang tersedia. "Kami memandang memang ada yang tidak match (sesuai, red)," ucap mantan dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendiknas tersebut.

JAKARTA - Persoalan pengangguran terus melekat di negeri ini. Penyumbang paling dominan pengangguran tersebut adalah para angkatan kerja lulusan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News