Tim Kemanusiaan RI Tiba di Jepang

216 WNI Telah Dievakuasi dari Tiga Prefektur

Tim Kemanusiaan RI Tiba di Jepang
Tim Kemanusiaan RI Tiba di Jepang
TOKYO - Pihak KBRI Tokyo kembali menyampaikan update informasi perkembangan di Jepang, terkait dengan bencana yang baru saja terjadi. Yang pertama adalah soal 15 anggota Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB) yang tergabung dalam Tim Kemanusiaan Indonesia, yang dilaporkan telah tiba di Tokyo pada Jumat (18/3) pagi.

Seperti diketahui, tim yang memiliki pengalaman dan keterampilan untuk misi kemanusiaan ini, tugasnya difokuskan untuk menangani evakuasi WNI yang khususnya berada di tiga prefektur terparah terkena dampak bencana yaitu Iwate, Miyagi dan Fukushima. Tim juga sekaligus membawa bantuan logistik, termasuk 10.000 lembar selimut.

Dipimpin oleh Kolonel Mohamad Shokir, menurut info KBRI, tim ini direncanakan berangkat sekitar Sabtu (19/3) sore, menuju daerah Miyagi dan sekitarnya untuk mengevakuasi WNI dari sana. Hingga Jumat malam, KBRI melaporkan masih sedang menyelesaikan perizinan kegiatan tim tersebut di Kantor Perdana Menteri (PM) Jepang.

Sementara itu, dua mobil van Tim Relief IV KBRI Tokyo yang berangkat bersamaan pada Kamis siang ke Kesennuma, dilaporkan pula telah kembali ke Tokyo pada Jumat malam. Rombongan ini membawa 5 (lima) WNI yang dievakuasi dari Miyagi. Sebelumnya, satu bis Tim Relief IV pun telah tiba di Tokyo, dengan membawa 33 ABK yang dievakuasi dari Kesennuma. "Kegiatan Tim Relief cukup berat, karena cuaca di Kesennuma yang bersalju lebat dan suhu dingin hingga - (minus) 2 derajat Celsius," tulis pihak KBRI, sambil menambahkan bahwa hingga Jumat malam telah dievakuasi total 216 WNI dari Fukushima, Iwate dan Miyagi.

TOKYO - Pihak KBRI Tokyo kembali menyampaikan update informasi perkembangan di Jepang, terkait dengan bencana yang baru saja terjadi. Yang pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News