Radiasi Nuklir Jepang Melonjak 10 Juta Kali

Radiasi Nuklir Jepang Melonjak 10 Juta Kali
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima. Foto : REUTERS
TOKYO - Bahwasanya krisis nuklir Jepang belum sepenuhnya memang benar. Tapi, tetap saja kabar terbaru yang terdengar dari Negeri Matahari Terbit itu kemarin (27/3) benar-benar mengejutkan: level radiasi dari Reaktor No 2 di PLTN Fukushima melonjak sampai 10 juta kali dari batas normal.

Seperti dilansir New York Times, kenaikan drastis itu pertama diketahui setelah tiga pekerja yang memperbaiki sistem pendinginan di Reaktor No 3 terpapar radiasi tingkat tinggi. Dua di antaranya yang masuk ke dalam kolam air pendingin harus menjalani pembersihan menggunakan sinar beta.

Pengelola sekaligus pemilik PLTN Fukushima, Tokyo Electric Power (Tepco), pun kemudian melakukan tes. Diketahui bahwa sumber radiasi berasal dari kolam air di Reaktor No 2. Namun, Tepco belum bisa memastikan penyebab kebocoran itu.

Gawatnya lagi, hasil tes lain yang dilakukan terhadap air laut yang berada 18 mil dari Fukushima juga menunjukkan tingkat radiasi tinggi. Yakni, mencapai 1.250 lebih tinggi dari batas aman. Karena itu, pemerintah Jepang pun memperjauh batas evakuasi menjadi 19 mil dari Fukushima.

TOKYO - Bahwasanya krisis nuklir Jepang belum sepenuhnya memang benar. Tapi, tetap saja kabar terbaru yang terdengar dari Negeri Matahari Terbit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News