Akrobat Udara di HUT TNI-AU

Akrobat Udara di HUT TNI-AU
Akrobat Udara di HUT TNI-AU
JAKARTA - Setelah hampir sebelas tahun tidak tampil di depan publik, tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) kemarin memamerkan kemampuan pada HUT Ke-65 TNI Angkatan Udara di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Enam pesawat latih KT-1B Wong Bee yang dikemudikan pilot-pilot TNI-AU membentuk sejumlah formasi membelah langit Jakarta.

Diiringi lagu Just The Way You Are dari Bruno Mars, mereka piawai membentuk sejumlah manuver yang membutuhkan kemampuan teknis tingkat tinggi. Misalnya, manuver heart (hati), jupiter roll, mata panah, cermin, dan daun semanggi.

Enam pesawat tersebut dipimpin Letkol Pnb Ramot Sinaga (Jupiter 1), Right Inner atau Jupiter 2 oleh Mayor Pnb Fery Yunaldi, Jupiter 3 atau Left Inner oleh Kapten Pnb Anton Pallaguna, Jupiter 4 oleh Mayor Pnb Onesmus Gde Rai Aryadi, Jupiter 5 oleh Mayor Pnb Budi Susilo, dan Jupiter 6 oleh Mayor Pnb James Y. Singal.

Atraksi yang benar-benar membuat penonton menahan napas adalah manuver cermin. Jupiter 5 dan 6 tiba-tiba muncul dari kanan panggung dengan posisi cermin alias terbang beriringan. Pesawat yang terbang dengan kokpit di bawah itu, nyaris bertemu dengan kokpit pesawat di bawahnya.

JAKARTA - Setelah hampir sebelas tahun tidak tampil di depan publik, tim Jupiter Aerobatic Team (JAT) kemarin memamerkan kemampuan pada HUT Ke-65

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News