Dua Juta Siswa SMA Ikuti UN Besok Lusa

Dua Juta Siswa SMA Ikuti UN Besok Lusa
Dua Juta Siswa SMA Ikuti UN Besok Lusa
JAKARTA - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2010/2011 tidak lama lagi. Senin pekan depan, sekitar dua juta siswa SMA se-Indonesia akan mengikuti ujian akhir yang menentukan kelulusan mereka tersebut. Pemerintah menyatakan telah melakukan persiapan yang matang, termasuk pendistribusian, pengawasan hingga pengamanan pelaksaanaan UN.

"Distribusi diharapkan dalam dua hari ini sudah masuk rayon-rayon. Di situ sudah ada paket-paketnya jadi tidak akan ada sekolah yang kelebihan soal. Soal pengamanan, Kapolri sudah berikan instruksi di daerah untuk mengamankan jalannya UN," papar Mendiknas Muhammad Nuh di gedung Kemendiknas, kemarin (15/4).

Nuh melanjutkan, untuk menghindari sabotase, pihak sekolah yang mengambil paket soal ujian, harus didampingi. Di samping itu, pemerintah telah menyiapkan lima paket soal dalam UN. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisasi kemungkinan kebocoran soal dan kecurangan selama UN. Mantan Menkominfo itu juga menghimbau para peserta UN untuk tidak mudah mempercayai adanya informasi terkait bocoran soal. "Karena pernah kita dapat informasi, bocoran soal itu dimuat di salah satu majalah anak muda. Kita langsung cek, dan ternyata soalnya berbeda," urainya.

Sementara itu, berdasarkan data yang dikeluarkan Kemendiknas, total jumlah peserta UN adalah 10.408.562 siswa dari tingkat SD, SMP dan SMA dari seluruh Indonesia. Rinciannya, sebanyak 2.442.599 siswa tingkat SMA, 3.716.596 siswa tingkat SMP dan 4.249.367 siswa tingkat SD. Dari jumlah siswa tingkat SMA, tercatat sebanyak 1.196.136 siswa SMA, 287.931 (MA), dan 958.532 (SMK).

JAKARTA - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ajaran 2010/2011 tidak lama lagi. Senin pekan depan, sekitar dua juta siswa SMA se-Indonesia akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News