Dian Sastro Terinspirasi Semangat Kartini

Dian Sastro Terinspirasi Semangat Kartini
Dian Sastro. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos
DIAN Sastro begitu mengagumi Raden Adjeng Kartini. Di matanya, pejuang asal Jepara, Jawa Tengah itu punya prinsip dan optimis dalam menjalani kehidupannya. ”Itu terlihat dari surat-surat yang ditulisnya (untuk teman-temannya di Eropa),” katanya.

Semangat perempuan yang meninggal pada usia 25 tahun itu, sedikit banyak menginspirasinya. Dian mengaku termasuk orang yang optimis dalam menatap masa depan. Apapun yang dikerjakan, diyakininya berhasil. Termasuk upayanya mencerdaskan anak-anak kurang mampu lewat buku.

Sejak dua tahun lalu, istri Indraguna Sutowo itu mengelola Yayasan Dian Sastrowardoyo yang salah satu kegiatannya mengumpulkan sumbangan buku dan mendistribusikannya ke berbagai daerah di Indonesia yang aksesnya terhadap buku sangat terbatas. ”Dua tahun lalu saat yayasan berdiri, kita sebarin 14ribu buku di banyak titik,” ungkapnya.

Mengenai perayaan Hari Kartini yang masih digelar di sejumlah sekolah dan kampus, didukungnya. Menurutnya, sampai kapanpun semangat Kartini harus ditebarkan. Dan pemain film Ada Apa Dengan Cinta itu punya cara berbeda untuk merayakannya.

DIAN Sastro begitu mengagumi Raden Adjeng Kartini. Di matanya, pejuang asal Jepara, Jawa Tengah itu punya prinsip dan optimis dalam menjalani kehidupannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News