Daya Tampung PTN Naik

Daya Tampung PTN Naik
Daya Tampung PTN Naik
JAKARTA- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 jalur Ujian Tertulis telah dibuka mulai hari ini. Kesempatan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bagi siswa dari keluarga kurang mampu semakin besar lantaran meningkatnya daya tampung PTN. Berdirinya PTN baru juga ikut memicu naiknya daya tampung dimaksud.

"Ini sangat membahagiakan karena dengan naiknya daya tampung itu berarti semakin terbuka akses kesempatan adik-adik kita untuk masuk PTN," ungkap Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh usai menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2011 di Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, Senin (2/5).

Nuh  mengatakan, mulai tahun ini PTN berkewajiban untuk menerima 20 persen dari mahasiswa yang diterima berasal dari keluarga tidak mampu.  Dengan naiknya kuota itu, kata Nuh, berarti kesempatan untuk masuk ke PTN dari keluarga yang tidak mampu semakin besar. "Kewajiban bagi perguruan tinggi untuk menerima mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu itu," katanya.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdiknas Djoko Santoso menyampaikan, daya tampung SNMPTN 2011 sebanyak 108.535 dari 60 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Ini artinya  naik dari tahun lalu sebanyak 82 ribu. Adapun daya tampung jalur undangan, yang segera diumumkan pada 18 Mei, sebanyak 53.790 dengan jumlah pendaftar sebanyak 233 ribu.

JAKARTA- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 jalur Ujian Tertulis telah dibuka mulai hari ini. Kesempatan masuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News