Ribuan Rumah Terendam Banjir

Dari Tiga Kecamatan, Banjir Terparah di Desa Pengaron

Ribuan Rumah Terendam Banjir
Ribuan Rumah Terendam Banjir
PENGARON– Banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Ketiga kecamatan yang terendam adalah Pengaron Pengaron, Simpang Empat dan Kecamatan Mataraman. Ketinggian air Selasa (3/5) siang bahkan diperkirakan mencapai dua meter di kawasan terparah  di Tunggul Nangka, Desa Pengaron Kecamatan Pengaron.

Banjir yang melanda sebagian besar desa pada tiga kecamatan itu terjadi sejak Senin (2/5) sore dengan ketinggian yang terus meningkat. Ribuan  warga di Kecamatan Pengaron terpaksa mengungsi ke perbukitan atau dataran yang lebih tinggi. Sebagian warga lainnya memang ada yang memilih tetap bertahan di atap-atap maupun loteng rumah untuk menunggu barang-barang mereka yang tak dapat terselamatkan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar bersama Muspika Pengaron dan Dinas Sosial Banjar, kemudian mendirikan posko di depan kantor Kecamatan Pengaron, serta dapur umum dibangun di bagian belakang kantor Kecamatan Pengaron, juga pos kesehatan.

Akses jalan darat menuju Kecamatan Pengaron terputus di Desa Sungai Raya Kecamatan Simpang Empat. Sebab, di desa itu air juga mencapai ketinggian lebih dari pinggang orang dewasa. Di Kecamatan Simpang Empat, luapan banjir cukup parah terjadi di Desa Lawiran.

PENGARON– Banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Ketiga kecamatan yang terendam adalah Pengaron Pengaron, Simpang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News