Menkes Bantah 'Sembunyikan' Jaminan Persalinan

Menkes Bantah 'Sembunyikan' Jaminan Persalinan
Menkes Bantah 'Sembunyikan' Jaminan Persalinan
JAKARTA- Program Jaminan Persalinan (Jampersal) yang digagas Kemenkes sejak Januari 2011 lalu, mendpaat sorotan tajam dari anggota Komisi IX DPR RI.  Para wakil rakyat ini menilai, program yang bagus tersebut sengaja ditutup-tutupi pemerintah agar masyarakat luas tidak tahu dan tidak memanfaatkannya.

"Waktu kunjungan ke daerah, banyak yang tidak tahu tentang Jampersal. Jangankan masyarakat awam, tenaga medis di puskesmas saja tidak tahu. Jangan heran kalau para ibu hamil ini lebih memilih melahirkan di rumah dengan bantuan dukun bayi karena biayanya lebih murah," tutur Ferna Ingkiriwang, anggota Komisi IX DPR RI dalam raker dengan Menteri Kesehatan Sri Endang Sedyaningsih, Senin (30/5).

Hal yang sama diungkapkan Rieke Dyah Pitaloka. Dia menuding pemerintah sengaja menyembunyikan program tersebut agar anggaran Jampersal tidak banyak yang keluar.

"Meski anggaran Jampersal besar tapi kalau azas manfaat tidak bisa dinikmati masyarakat apa gunanya. Harusnya pemerintah gencar melakukan sosialisasi lewat media lokal biar banyak ibu-ibu yang tahu," ujarnya.

JAKARTA- Program Jaminan Persalinan (Jampersal) yang digagas Kemenkes sejak Januari 2011 lalu, mendpaat sorotan tajam dari anggota Komisi IX DPR

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News