Dieng Dinyatakan Aman, Pengungsi Boleh Pulang

Dieng Dinyatakan Aman, Pengungsi Boleh Pulang
Dieng Dinyatakan Aman, Pengungsi Boleh Pulang
BANJARNEGARA - Masa tanggap darurat bencana gas beracun Kawah Timbang di Dusun Simbar, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah dinyatakan berakhir, Sabtu (11/6). Keputusan itu diambil setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengevaluasi perkembangan sejak menurunkan status siaga level III menjadi waspada pada pukul 18.45 Jumat (10/6).

Kini zona bahaya juga dipersempit dari 1.000 meter menjadi 500 meter dari bibir kawah. "Masa tanggap darurat sudah berakhir. Rekomendasi Pusat Vulkanologi menyatakan sudah aman. Pengungsi mulai sekarang sudah bisa pulang ke rumah masing-masing," kata Bupati Banjarnegara Djasri setelah rapat evaluasi masa tanggap darurat gas beracun Kawah Timbang di SMAN 1 Batur, Banjarnegara.

Rapat evaluasi itu dihadiri pihak PVMBG, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), petugas Pos Pengamat Gunung Api (PPGA) Dieng, Muspida Banjarnegara, Muspika Batur, satuan kerja perangkat daerah (SKPD), kepala desa dan warga Sumberejo, tim medis, tim SAR, dan petugas posko lainnya.

Meski sudah diturunkan dari status siaga menjadi waspada, masyarakat diimbau tidak beraktivitas di dekat pusat semburan gas di Kawah Timbang di Dusun Simbar, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur. Sebab, radius 500 meter masih dinyatakan dalam zona bahaya. Bahkan, sewaktu-waktu semburan gas beracun bisa keluar dari Kawah Timbang dalam konsentrasi yang masih membahayakan warga atau makhluk hidup lainnya.

BANJARNEGARA - Masa tanggap darurat bencana gas beracun Kawah Timbang di Dusun Simbar, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Provinsi Jawa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News