Fokus Kembangkan Tiga Prodi

Punya Kontribusi Besar Pertumbuhan Ekonomi

Fokus Kembangkan Tiga Prodi
Fokus Kembangkan Tiga Prodi
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan fokus mengembangkan tiga program studi (prodi) yang mempunyai kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Ketiganya adalah pertanian, teknik, dan sains.

Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menjelaskan, berdasarkan hasil penelurusan di Indonesia dan beberapa negara lainnya ada 3 prodi yang memberikan kontribusi besar terhadap gross domestic product (GDP). Setelah ditelusuri peta perkembangannya, di Indonesia masih kekurangan peminat maupun mahasiswa.

Ketiganya tidak melebihi 15 persen dari total mahasiswa sebanyak 5 juta orang.’’Sains hanya 3,6 persen dari total mahasiswa, pertanian 3,3 persen. Yang bagus teknik sekitar 11 persen. Padahal ketiga bidang itu paling besar perannya terhadap perekonomian,’’ jelas Nuh ketika dihubungi di Jakarta kemarin (29/6).

Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk mengembangkan ketiganya. Caranya, dengan menambah kuota mahasiswa dan pengembangan kurikulum maupun fasilitas penunjang pendidikan. Tapi, bukan berarti prodi lainnya akan ditutup.’’Yang lain tetap jalan. Hanya ketiga itu tiap tahun ada penambahan mahasiswa baru. Lebih besar ketiganya,’’ jelas mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) tersebut.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan fokus mengembangkan tiga program studi (prodi) yang mempunyai kontribusi besar terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News