RI-Australia Gelar Latihan Militer Nonperang

Fokus Penanganan Bencana Alam

RI-Australia Gelar Latihan Militer Nonperang
RI-Australia Gelar Latihan Militer Nonperang
NUSA DUA - Pemerintah Indonesia dan Australia sepakat menggelar latihan militer nonperang. Latihan tahunan yang diproyeksikan juga akan melibatkan militer Jepang dan Amerika Serikat ini fokus pada pengerahan kekuatan militer untuk penanggulangan bencana alam.

Kesepakatan tersebut diambil dalam pertemuan bilateral Perdana Menteri Australia Julia Gillard dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Hotel Ayodya Resort, Nusa Dua, kemarin (20/11). "Latihan militer nonperang ini juga melibatkan badan penanggulangan bencana negara-negara ASEAN serta milter China," ujar Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha usai pertemuan satu jam tersebut.

Menurut Julian, persiapan latihan militer tersebut akan dibicarakan dalam serangkaian pertemuan intensif lembaga-lembaga teknis awal tahun depan. "Latihan bersama ini juga agar publik tahu, militer juga memiliki kewajiban untuk terlibat aktif menanggulangi ancaman non-tradisional, seperti bencana alam," terangnya.

Presiden SBY menyambut gembira tawaran tersebut dan sepakat bahwa militer juga harus dilibatkan dalam kesiapan penanggulangan bencana. "Pengalaman di Aceh dan Nias menunjukkan penanggulangan bencana dapat cepat dilakukan dengan melibatkan militer," kata Julian mengutip presiden.

NUSA DUA - Pemerintah Indonesia dan Australia sepakat menggelar latihan militer nonperang. Latihan tahunan yang diproyeksikan juga akan melibatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News