Lestarikan Seni, Sultan Dapat Doktor HC

Lestarikan Seni, Sultan Dapat Doktor HC
Lestarikan Seni, Sultan Dapat Doktor HC
JOGJAKARTA - Peran besar Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam melestarikan seni budaya Indonesia mendapat apresiasi dari Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta. Perguruan tinggi seni itu memberikan gelar doktor honoris causa (HC) kepada raja Jogjakarta tersebut di bidang seni pertunjukan.

Itu merupakan gelar kedua yang diterima Sultan dalam seminggu terakhir. Sebelumnya, gelar yang sama diberikan Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam bidang kemanusiaan.

Penganugerahan gelar tersebut diawali penampilan tari Saraswati dan dilanjutkan pidato pengukuhan Sultan HB X. Seusai berpidato, ditampilkan sebuah koreografi bedhaya berjudul Sang Amurwabumi. Salah seorang penarinya adalah putri sulung Sultan HB X, GKR Pembayun, di posisi jangga.

Sultan menjabarkan Ajaran Sang Amurwabumi: Sumber Acuan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa dalam pidato pengukuhannya, Selasa (27/12). Dia mengungkapkan, selama ini seni hanya dianggap klangenan. Padahal, kemajuan ilmu pengetahuan didasarkan pada kemajuan kebudayaan.

JOGJAKARTA - Peran besar Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam melestarikan seni budaya Indonesia mendapat apresiasi dari Institut Seni Indonesia (ISI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News