Iran Ancam Kapal AS, Teluk Makin Tegang

Iran Ancam Kapal AS, Teluk Makin Tegang
Iran Ancam Kapal AS, Teluk Makin Tegang
TEHERAN--Angkatan Laut (AL) Iran menuntaskan latihan perang selama 10 hari di sisi timur Selat Hormuz. Bersamaan itu, kemarin (3/1) Teheran memperingatkan Amerika Serikat (AS) agar tak mengirimkan kembali USS John C. Stennis ke Teluk Persia. Akhir pekan lalu, kapal induk itu meninggalkan wilayah Teluk lewat Selat Hormuz.

Jika kapal AS yang mampu mengangkut 90 jet tempur dan helikopter itu terlihat lagi melintasi Hormuz ke arah Teluk Persia, Iran menyatakan tak akan segan melancarkan serangan. Ancaman tersebut membuat situasi di kawasan Teluk makin tegang.

"Iran tidak akan mengulangi kembali peringatannya. Kapal induk musuh (AS) telah meninggalkan Teluk Persia dan menuju Laut Oman karena latihan perang kami. Karena itu, kami mengimbau AS agar tidak memerintahkan kapal itu kembali," tegas seorang petinggi militer Iran Ataollah Salehi kemarin.

Salehi menyatakan bahwa pemerintahannya tidak suka dan tidak ingin mengulang peringatan. Karena itulah, dia meminta AS mereaksi serius peringatan Iran tersebut demi menghindari konflik. "Saya menasihati, menyarankan, dan memperingatkan agar (AS) tidak menempatkan lagi kapal induknya di Teluk Persia," serunya seperti dilansir Kantor Berita IRNA.

TEHERAN--Angkatan Laut (AL) Iran menuntaskan latihan perang selama 10 hari di sisi timur Selat Hormuz. Bersamaan itu, kemarin (3/1) Teheran memperingatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News