Rugi, Davomas Lirik Pasar Asia

Rugi, Davomas Lirik Pasar Asia
Rugi, Davomas Lirik Pasar Asia
JAKARTA – Produsen bubuk cokelat PT Davomas Abadi Tbk (DAVO) tengah membidik  perluasan pasar alternatif. Itu dilakukan menyusul pasar utama Eropa dan Amerika Serikat (AS) sedang bergolak. Bidikan pasar tujuan ekspor produk perseroan diarahkan ke daratan China, Jepang dan Korea Selatan (Korsel). Khusus ke China, perseroan telah mengekspor sebagai uji coba dengan jumlah kecil.

"Kami pilih membelokkan tujuan ekspor ke Asia karena lebih prospekstif. Sedangkan untuk regional Malaysia dan Singapura,” tutur Hasiem Willy, Sekretaris Perusahaan Davomas di Jakarta, Jumat (27/1).

Rendahnya permintaan itu terutama dipengaruhi lesunya ekonomi benua biru dan belum pulihnya bisnis AS. Dua kawasan itu merupakan tujuan ekspor seluruh produk Davomas. Perseroan selama ini memroduksi cocoa butter dan cocoa powder dalam porsi yang sama. Davomas mengklaim penurunan penjualan merajam sejak krisis 2008 dan berlanjut hingga 2012. "Sebelum krisis, kami kewalahan melayani permintaan buyer Eropa tapi sekarang menurun drastis,” imbuh Hasiem.

Saat ini manajemen sedang mencari strategic partner dalam mengembangkan perseroan. Opsi format kerja sama terutama berupaya mengintegrasikan kemampuan DAVO dengan keahlian calon mitra. Perseroan menetapkan kualifikasi umum, dimana calon mitra harus memiliki latar belakang industri bubuk coklat. "Misalnya kita kuat di manufakturing, paling tidak mitra strategis memiliki kapasitas suplai bahan baku dan pemasaran," terang Hasiem.

JAKARTA – Produsen bubuk cokelat PT Davomas Abadi Tbk (DAVO) tengah membidik  perluasan pasar alternatif. Itu dilakukan menyusul pasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News