Galunggung Status Waspada

Pengunjung Dilarang Mendekati Kawah

Galunggung Status Waspada
Galunggung Status Waspada
BANDUNG- Status Gunung Api Galunggung di Tasikmalaya saat ini statusnya siaga II. Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, status Gunung Api Galunggung naik status dari Normal (Level I) menjadi Waspada (Level II). Untuk itu, pengunjung dilarang mendekati gunung itu dalam radius setengah kilometer dari kawah aktif.

“Kenaikan status gunung yang tingginya mencapai 2.168 meter dari permukaan laut itu sejak Minggu 12 Februari 2012 pukul 15:00 WIB. Pemantauan secara intensif ini guna melakukan evaluasi kegiatan Gunung Galunggung. PVMBG juga telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat,” ujar Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Toto Hendrasto, kemarin (13/).

Ia mengimbau, agar masyarakat di sekitar Gunung Galunggung maupun pengunjung, wisatawan, hingga pendaki, supaya tidak mendekati kawah yang ada di puncak gunung tersebut dalam radius 0,5 kilometer dari kawah aktif. “Untuk itu, masyarakat diharapkan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat.  Masyarakat di sekitar gunung juga diharap tenang dan  tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Galunggung,” tegasnya.

Selain itu, lanjut dia, BPBD Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Garut disarankan selalu berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Galunggung yang ada di Desa Padakembang, Kecamatan Padakembang, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya atau PVMBG.

BANDUNG- Status Gunung Api Galunggung di Tasikmalaya saat ini statusnya siaga II. Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News