Usulan Kenaikan Diajukan Awal Maret

Usulan Kenaikan Diajukan Awal Maret
Usulan Kenaikan Diajukan Awal Maret
JAKARTA - Pilihan pemerintah terkait BBM subsidi sudah jelas. Setelah menimbang masak-masak, akhirnya pemerintah mengambil opsi untuk menaikkan BBM untuk menekan angka subsidi. Namun, agar kebijakan itu bisa dilakukan, pemerintah harus melakukan perubahan APBN 2012 yang saat ini tengah dipersiapkan dan diharapkan bisa diajukan kepada DPR awal Maret depan.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, kenaikan BBM itu terlebih dahulu harus melalui perubahan APBN 2012. Pasalnya, dalam UU APBN 2012 tidak mengizinkan kenaikan bensin bersubsidi, yang ada hanya perintah melakukan pembatasan BBM.

Kenaikan harga dilakukan karena pengelolaan manajemen subsidi saat ini tidak sehat dan tidak tepat sasaran, padahal harga minyak saat ini sedang melambung tinggi. Asumsi minyak dalam APBN 2012 sebesar USD 90 per barel, tapi harga minyak dunia saat ini sudah mencapai USD 115-120 per barel.

"Jadi, sekarang kita sedang melakukan exercise, menghitung, mempercepat APBN-P itu. Diharapkan awal Maret itu sudah bisa disampaikan kepada DPR," papar Hatta di Jakarta.

JAKARTA - Pilihan pemerintah terkait BBM subsidi sudah jelas. Setelah menimbang masak-masak, akhirnya pemerintah mengambil opsi untuk menaikkan BBM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News