Olahraga Membuat Lebih Pintar

Olahraga Membuat Lebih Pintar
Getty Images
SEMUA orang paham bahwa olahraga meningkatkan tingkat kebugaran dengan membuat otot-otot lebih tahan terhadap kelelahan. Tapi tahukah anda bahwa dengan olahraga yang teratur akan membuat lebih pintar?

Penelitian sebelumnya telah menemukan, olahraga dapat memacu kelahiran mitokondria baru - struktur dalam sel yang memproduksi energi tubuh - pada otot. Proses ini akan meningkatkan daya tahan kebugaran sekaligus mengurangi risiko obesitas.

Namun sekarang, Tim dari University of South Carolina telah menemukan bahwa sesi treadmill biasa memberikan dorongan untuk pusat-pusat kekuatan sel di otak. Dengan begitu, kata pemimpin riset, Dr Mark Davis kekuatan sel ini akan membantu meningkatkan energi otak untuk bekerja lebih cepat dan lebih efisien.

"Sel akan berevolusi dengan cepat sehingga membuat otak lebih muda," kata Dr Davis kepada Scientific American. Untuk jangka pendek kata dia, olahraga yang teratur juga bisa mengurangi kelelahan mental dan mempertajam pemikiran.

SEMUA orang paham bahwa olahraga meningkatkan tingkat kebugaran dengan membuat otot-otot lebih tahan terhadap kelelahan. Tapi tahukah anda bahwa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News