Tujuh Kabupaten Endemis Kaki Gajah

Tujuh Kabupaten Endemis Kaki Gajah
Tujuh Kabupaten Endemis Kaki Gajah
PEKANBARU--Dari 12 kabupaten/kota di Riau, tujuh di antaranya dinyatakan daerah endemis penyakit filariasis (kaki gajah). Ketujuh Kabupaten yang dinyatakan endemis penyakit kaki gajah berdasarkan data tahun 2011 lalu, masing-masing Kabupaten Inhil, Inhu, Kuansing, Rohil, Siak, Bengkalis, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Riau, melalui Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan H Andra Sjafril SKM Mkes, kepada Riau Pos (Group JPNN).

Menurutnya, penyakit kaki gajah termasuk penyakit yang selalu ada di tengah masyarakat miskin, selain penyakit Flambosia dan Kusta. Mereka yang terserang penyakit kaki gajah, harus secara rutin setiap tahun selama lima tahun berturut-turut meminum obat filaria. Obat filaria ini, tidak hanya diminum oleh mereka yang terserang penyakit kaki gajah, tetapi juga mereka yang tidak terkena.

Di Kabupaten Kuansing misalnya, tahun lalu sudah dilakukan pencanangan penanggulangan penyakit kaki gajah. Semua masyarakat Kuansing diberikan dan diwajibkan meminum obat filaria selama lima tahun berturut-turut. Sebagian obat dibantu Pemerintah Pusat. Sementara sebagiannya, dianggarkan melalui dana APBD Kuansing.

PEKANBARU--Dari 12 kabupaten/kota di Riau, tujuh di antaranya dinyatakan daerah endemis penyakit filariasis (kaki gajah). Ketujuh Kabupaten yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News