Shodo Kian Diminati

Antara Seni Menulis dan Budaya

Shodo Kian Diminati
Shodo Kian Diminati
MEDAN-Shodo atau seni kaligrafi Jepang kian digemari di Medan, khususnya oleh kalangan muda. Hal ini merujuk pada pertumbuhan minat masyarakat Indonesia yang berkembang sejalan dengan minat belajar bahasa dan budaya Jepang.

Konjen Jepang di Medan Yuji Hamada menuturkan, dewasa ini semakin banyak yang tertarik dengan kaligrafi Jepang. "Trend pertumbuhan seperti ini memberikan semangat bagi kami untuk mengadakan pertukaran budaya seperti kaligrafi Jepang ini," ungkapnya pada workshop Kaligrafi Jepang yang di gelar di Fakultas Ilmu Budaya USU, Jumat (16/5).

Ia juga mengatakan, di Jepang seni menulis indah juga sangat digemari bahkan menjadi satu budaya yang mempunyai peranan cukup besar. "Kaligrafi Jepang biasanya digunakan untuk hiasan dinding dan ada juga kata-kata mutiara yang ditulis dengan kaligrafi," tambah Yuji.

Menurutnya, tata cara penulisan kaligrafi Jepang dengan huruf Jepang biasa jauh berbeda. "Perbedaaan itu terutama terletak pada tiap goresannya yang juga harus menggunakan kuas dan di kertas khusus," ujar Yuji lagi.

MEDAN-Shodo atau seni kaligrafi Jepang kian digemari di Medan, khususnya oleh kalangan muda. Hal ini merujuk pada pertumbuhan minat masyarakat Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News