Kasus Perceraian Didominasi Istri

Kasus Perceraian Didominasi Istri
Kasus Perceraian Didominasi Istri
PURWOKERTO-Belakangan ini, banyak sekali artis wanita Indonesia yang menggugat cerai suaminya dengan alasan beragam. Dan ternyata, tren istri menggugat cerai suami ini tidak hanya terjadi di kalangan selebritis saja. Tapi  di Banyumas, istri juga ramai-ramai gugat cerai suaminya. Apa alasannya?

Ketika mencoba menyambangi Pengadilan Negeri Agama Kelas 1 B Purwokerto, Radarmas (Group JPNN) menemukan fakta. Pada 2010 lalu, dari total 2.285 gugatan cerai, 50 persen lebih didominasi pihak istri. Yakni 1.489 gugat cerai (gugatan istri) dan sisanya 787 cerai talak (gugatan suami).

Dan tren ini terus meningkat pada 2011. Setidaknya hingga akhir tahun, gugatan cerai yang dilayangkan pihak istri naik sepuluh persen, yakni 1.644 gugat cerai. Sedangkan cerai talak hanya 796 kasus.

"Trennya terus naik," kata Wakil Panitera Pengadilan Agama Purwokerto Muhammad Farid S Ag. Faktor ekonomi bisa jadi menjadi pemicu utama. Sebab, menurut Farid, rata-rata wanita menggugat suaminya karena tidak memberikan nafkah bagi keluarga.

PURWOKERTO-Belakangan ini, banyak sekali artis wanita Indonesia yang menggugat cerai suaminya dengan alasan beragam. Dan ternyata, tren istri menggugat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News