ICW Duga Perhitungan Subsidi BBM Tak Wajar

ICW Duga Perhitungan Subsidi BBM Tak Wajar
ICW Duga Perhitungan Subsidi BBM Tak Wajar
JAKARTA - Kabar tidak sedap mewarnai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang baru akan diputuskan dalam sidang paripurna DPR, besok. Indonesia Corruption Watch (ICW) menemukan adanya ketidakwajaran dalam perhitungan subsidi BBM yang dilakukan pemerintah yang dijadikan dasar menaikkan harga BBM.

Tidak tanggung-tanggung, selisihnya mencapai Rp 30 triiliun. Koordinator Divisi Monitoring dan Analisis Anggaran ICW Firdaus Ilyas mengatakan, jika harga BBM premium dan solar tidak naik (tetap Rp 4.500 per liter), total beban subsidi BBM dan LPG adalah sebesar Rp 148,034 triliun.

Namun pemerintah mengatakan, jika harga BBM tetap, maka beban subsidi BBM dan LPG mencapai Rp 178 triliun. "Ada selisih Rp 30 triliun dari asumsi pemerintah," kata Firdaus daam keterangan di kantornya, kemarin (28/3).

Jika BBM premium dan solar dinaikkan menjadi Rp 6.000 per liter, total subsidi pemerintah hanya sebesar Rp 68,104 triliun. Sementara pemerintah mengatakan (RAPBN Perubahan 2012) beban subsidi menjadi Rp 111,74 triliun.

JAKARTA - Kabar tidak sedap mewarnai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang baru akan diputuskan dalam sidang paripurna DPR, besok. Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News