Sabtu, 02 Agustus 2014 | 15:39:37
Home / Internasional / Eropa / Rusia Jamin Pilot Sukhoi Penerbang Terbaik

Jumat, 11 Mei 2012 , 20:15:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Pemerintah Rusia mengklaim pilot Alexander Yablonstsev, penerbang pesawat Sukhoi Super Jet (SSJ) 100 yang menabrak Gunung Salak Rabu (9/5), merupakan chief pilot terbaik yang dimiliki Rusia.  Penegasan itu disampaikan Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Yuri Slyusar dalam jumpa pers di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (11/5).

Yuri yang juga memimpin Tim Investigasi bentukan Perdana Menteri (PM) Rusia Dmitry Menvedev, mengaku kenal secara pribadi dengan Alexander.  "Saya secara pribadi sangat mengenal baik, banyak bergaul karena sering ketemu. Dia yang membawa Sukhoi dari zero sampai memiliki sertifikat," kata Yuri.

"Secara pribadi dia penerbang yang potensi dan kasih perhatian banyak sekali," kata Yuri yang didampingi Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Alexander Ivanov.

Di sisi lain, Pemerintah Rusia juga mengklaim tidak ada yang salah pada mesin Sukohi Superjet 100. "Saya mau memberi tahu bahwa tidak ada berita apapun terkait kesalahan teknis pesawat," katanya.

Lebih lanjut Yusi menegaskan, Sukhoi yang naas itu sudah dilengkapi teknologi canggih. Persiapan yang dilakukan sebelum demo flight pun dilakukan dengan baik. Buktinya, kata Yuri, pada demo flight pertama pesawat berkapasitas 98 penumpang itu tidak mengalami kendala.

Namun ia tak mau berspekulasi. "Sekarang kita tunggu hasil penyelidikan, kita akan menyelidiki dalam waktu dekat agar dapat memperoleh alasan yang benar," katanya.

Sedangkan Ivanov mengatakan, pemerintahnya serius dalam menginvestigasi penyebab kecelakaan itu bersama dengan pihak Indonesia. "Satu delegasi yang dipimpin Wakil Menteri Perdagangan segera bekerja. Sudah bertemu instansi terkait, Basarnas, KNKT sudah setujui program bersama menyelidiki kejadian itu," katanya di kesempatan sama.

Pada kesempatan sama, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, mengatakan dalam rangka investigasi maka dalam waktu dekat Rusia akan mengirim satu pesawat yang membawa peralatan lengkap untuk melakukan penyelidikan. "Kita ingin kerjasama ini agar betul-betul tuntas kita selesaikan," kata Mangindaan. (boy/jpnn)

Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 07.04.2014,
        05:20
        best money here
        wF9pDT Appreciate you sharing, great article post.Much thanks again. Much obliged. From mobile