Kamis, 24 April 2014 | 20:39:34
Home / Entertainment / Musik / You and I, Andalan Anggun

Selasa, 15 Mei 2012 , 10:47:00

Anggun. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos
Anggun. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos
BERITA TERKAIT

JAKARTA - Anggun kembali mendulang prestasi. Kali ini ibu satu anak itu menjadi wakil Prancis dalam ajang Eurovision Song Contest 2012. Itu adalah ajang kompetisi musik prestisius di Eropa. Setiap tahun lebih dari 40 negara mengirimkan wakil masing-masing untuk mengikuti kontes tersebut.

Dalam persiapan mengikuti ajang itu Anggun menjadi cover majalah Tele 7 Jours, majalah bergengsi di Prancis. Di majalah tersebut dia bersama dengan ikon fashion Jean Paul Gaultier.

Headline majalah itu berjudul After Madonna, Jean Paul Gaultier is Going to Dress Anggun. Ajang Eurovision Song Contest sendiri cukup unik. Sebab, peserta yang boleh mengikuti ajang tersebut adalah penyanyi profesional yang sudah memiliki nama dan merilis album rekaman di negara yang diwakili.

Pesertanya dipilih panitia internal. Para penyanyi kondang seantero Eropa itu akan berlaga selama beberapa putaran. Peserta yang lolos ditentukan oleh penilaian dewan juri dan pilihan pemirsa televisi. Porsinya sama besar, yakni fifty-fifty.

Tetapi, pemirsa tidak boleh memilih finalis dari negaranya sendiri. ABBA dan Celine Dion adalah penyanyi kelas dunia yang pada awal karir mereka pernah mewakili negara masing-masing mengikuti kompetisi itu. Tahun ini ajang tersebut digelar di Baku, Azerbaijan. Semifinal akan berlangsung pada 22 dan 24 Mei, lalu grand final dihelat pada 26 Mei. Pelantun Tua-Tua Keladi itu mengandalkan lagu berjudul Echo (You and I), yang liriknya ditulis sendiri oleh Anggun.

Terpilihnya Anggun untuk menjadi peserta di ajang tersebut tentu dengan beragam alasan. Penyanyi yang kini menjadi warga negara Prancis itu sudah mencetak banyak prestasi di sana. Dia juga dikenal di Eropa dengan album-albumnya yang dirilis di banyak negara itu.

Bahkan, dia tercatat sebagai salah satu artis Prancis yang penjualan albumnya terlaris. Dia baru saja mendapatkan penghargaan Diamond Export Award di MIDEM atas prestasinya sebagai artis yang albumnya banyak diekspor ke negara-negara di luar Prancis.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya dipilih pemerintah Prancis untuk tampil dalam ajang bergengsi itu. Saya akan memberikan yang terbaik dan membuat Prancis bersinar di ajang tersebut," katanya dengan penuh percaya diri.

Berbagai persiapan sudah dia lakukan demi suksesnya acara itu. Sejak Februari lalu, Anggun melakukan tur ke 15 negara. Dia juga sudah mempersiapkan strategi khusus dalam penampilan panggungnya. (jan/c11/tia)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar