Pemilukada DKI Bakal jadi Pilgub Terakhir

Pemilukada DKI Bakal jadi Pilgub Terakhir
Pemilukada DKI Bakal jadi Pilgub Terakhir
JAKARTA -- Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro memprediksi, Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta bakal jadi Pemilukada terakhir di Indonesia. Dengan catatan, RUU Pemilukada yang sedang dibahas pemerintah dan DPR disahkan.

Dalam RUU tersebut, Pemilukada hanya akan dilakukan di Kabupaten/Kota. Sementara Pemilihan Gubernur akan dikembalikan ke DPRD Provinsi. "Gubernur lebih berat sebagai wakil pemerintah pusat dan nggak perlu dilakukan pilkada langsung. Pilkada langsung hanya untuk yang mengemban otonomi yaitu kabupaten dan kota," kata Siti Zuhro dalam dialog "Membangun Demokrasi Pancasila Dalam Pilkada DKI Jakarta 2012 Yang Aman dan Damai" di Hotel Grand Alia Jakarta Pusat, Senin (21/5).

Siti Zuhro yang masuk dalam tim pakar Kemendagri menyatakan, RUU tersebut sudah sampai di DPR untuk didiskusikan. Sedangkan di level pemerintah RUU itu sudah final.

"Kalau di DPR ada dukungan dan ketok palu, DKI Jakarta akan jadi pemilukada terakhir. Berarti pemilukada sekarang ini harus bagus," ungkapnya.

JAKARTA -- Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro memprediksi, Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta bakal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News