Dinosaurus Ternyata Jauh Lebih Kurus

Dinosaurus Ternyata Jauh Lebih Kurus
Foto: Telegraph
MANCHESTER - Selama ini Dinosaurus secara umum digambarkan sebagai makhluk yang amat berat, disertai suara langkah kaki gemuruh dan ukuran tubuh besar sehingga menambah penampilan mereka yang menakutkan. Benarkah demikian? sepertinya hal itu kini patut dipertanyakan.

Pasalnya, temuan para ahli di University of Manchester Inggris bisa jadi sedikit memupus bayangan itu. Menurut studi yang telah dilakukan, makhluk-mahkluk purba tersebut ternyata jauh lebih ringan dari yang diyakini sebelumnya. Hal ini merupakan kesimpulan yang dilakukan setelah para ilmuwan menggunakan teknologi laser melakukan penghitungan massa tubuh mereka.

"Metode kami bisa memprediksi ukuran jauh lebih akurat. Berat Dinosaurus memang masih besar, tetapi tidak sebesar seperti yang diduga sebelumnya," ujar Dr Bill Sellers peneliti University of Manchester seperti disampaikan kepada Telegraph (6/6).

Dengan menggunakan formula baru tersebut, ilmuwan mampu secara akurat menghitung dimensi hewan. Mereka juga mendapati jika Brachiosaurus yang sebelumnya diperkirakan memiliki berat 80 ton, sebenarnya hanya memiliki berat 23 ton atau relatif lebih ringan dari yang diduga.

MANCHESTER - Selama ini Dinosaurus secara umum digambarkan sebagai makhluk yang amat berat, disertai suara langkah kaki gemuruh dan ukuran tubuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News